Monday, October 25, 2010

P-2 Seri Paralel & Wheatstone

Tugas Pendahuluan tambahan:
1. Jelaskan secara fisis mengapa pada rangkaian seri dua resistor yang berbeda, tegangannya berbeda pula! (baca Giancoli)
2. jelaskan apa yang dimaksud dengan sumber arus dan sumber tegangan! berikan contohnya masing-masing!
3. siapakah Wheatstone itu? (kaitkan dengan penemuan metodenya)
4. mengapa pada rangkaian jembatan wheatstone (pada modul) menggunakan voltmeter? bolehkah bila diganti dengan ampermeter? jelaskan!
5. sebutkan sebanyak-banyaknya contoh aplikasi rangkaian pembagi tegangan dan pembagi arus! jelaskan dari salah satu contoh tsb!

tugas ditulis di kertas F4 buram,.
nomor 1 untuk dikerjakan oleh anggota 1, nomor 2 untuk anggota 2, dst. (urut sesuai daftar kelompok)

Suwun


(Asisten 6)

7 comments:

KurangSangu said...

semrangatthhh .. bro

Anonymous said...

suwun bro..

Anonymous said...

•Sumber tegangan
Contoh : Baterai, power supply
Sumber tegangan adalah suatu sumber yang mempertahankan nilai tegangan yang dikeluarkan sehingga berapapun R lot yang dihubungkan, nilai tegangan yang dikeluarkan tetap sama

•Sumber arus
Contoh : pengukur resistansi beton
Sumber arus adalah suatu sumber yang mempertahakan nilai arus yang dikeluarkan sehingga berapapun hambatan yang dihubungkan nilai arus yang dikeluarkan tetap sama.

Indah Ayu P
1109100003
swun ms,,, hhe :))

Anonymous said...

Karena voltmeter bekerja dengan cara disusun parallel dan rangkaian parallel merupakan pembagi arus. Jika amperemeter yang dipasang pada rangkaian jembatan wheatstone, dapat menyebabkan amperemeter rusak. Hal ini karena arus yang melaluinya sangat besar oleh karena tidak adanya hambatan pada rangkaian seri amperemeter. Fungsi voltmeter pada jembatan wheatstone adalah memastikan bahwa beda potensial pada titik a dan b sama dengan nol. Sehingga R yang tidak diketahui nilainya dapat didapatkan/ditera.

mas....
q ngerjain semua....
ca tak sangkain it perintah diblog it tidak berlaku buat kelompokq...
yang nomer lain q kirim diemail mas

Anonymous said...

4. Karena voltmeter bekerja dengan cara disusun parallel dan rangkaian parallel merupakan pembagi arus. Jika amperemeter yang dipasang pada rangkaian jembatan wheatstone, dapat menyebabkan amperemeter rusak. Hal ini karena arus yang melaluinya sangat besar oleh karena tidak adanya hambatan pada rangkaian seri amperemeter. Fungsi voltmeter pada jembatan wheatstone adalah memastikan bahwa beda potensial pada titik a dan b sama dengan nol. Sehingga R yang tidak diketahui nilainya dapat didapatkan/ditera.

mas....
q ngerjain semua....
ca tak sangkain it perintah diblog it tidak berlaku buat kelompokq...
yang nomer lain q kirim diemail mas
firda siti nurchosiya
1109100009
November 20, 2010 11:27 PM

Anonymous said...

3. Sir Charles Wheatstone (6 Februari 1802 - 19 Oktober 1875), adalah seorang ilmuan Inggris dan penemu banyak terobosan ilmiah di era Victoria. termasuk concertina Inggris, stereoscope (perangkat untuk menampilkan gambar 3 dimensi), dan cipher Playfair (teknik enkripsi). Namun, Wheatston terkenal karena sumbangannya dalampengembanganjembatanWheatstone,awalnya diciptakan oleh Samuel Hunter Christie, yang digunakan untuk mengukur hambatan listrik tidak diketahui. Selain itu, Wheatstone juga terkenal sebagai tokoh utama dalam perkembangan telegrafi.
Saat berumur 14 tahun, Wheatstone ikut membantu pamannya yang bekerja sebagai pembuat dan penjual alat-alat musik (seperti concertina Wheatstone), di Strand, London, tetapi ia terlihat kurang minat di bidang bisnis, cenderung lebih suka membaca buku dan belajar. Ayahnya mendukungnya dalam hal ini. Akhirnya wheatstone tak lagi bekerja dengan pamannya lalu ia melanjutkan studinya.
4. Pada rangkaian jembatan wheatstone, voltmeter tidak bisa diganti dengan amperemeter. Prinsipnya, yang diukur adalah perbedaan potensial antara dua titik A dan B (Gambar 1) yang dihubungkan dengan voltmeter. R2,R3 adalah hambatan yang telah diketahui nilainya. R1 adalah hambatan geser. Dalam keadaan setimbang, artinya V2 = V3 dan V1=Vunknown, jarum pada voltmeter menunjukkan angka nol. Jika voltmeter diganti dengan amperemeter, keadaan setimbang (Vab=0), tidak akan terbaca pada amperemeter. Sehingga nilai Runknown tidak bisa ditentukan dengan metode jembatan Wheatstone.

Gambar 1. Rangkaian Jembatan Wheatstone


1. Perhatikan Gambar 2. Kita anggap semua resistor yang lain pada rangkaian dapat diabaikan, dan sehingga V sama dengan tegangan batrai. Semua muatan listrik yang melewati R1 kehilangan energi sebesar jumlah muatan dikalikan energi yang digunakan untuk menggerakkan muatan tersebut (qV1). Pada saat melalui R2 dan R3 energi berkurang sebesar qV2 dan qV3. Hukum kekekalan energi menyatakan bahwa energi yang digunakan sama dengan energy yang diberikan (qVtotal = qV1+qV2+qV3). Sehingga V = V1+V2+V3. Hal itu membuktikan bahwa Tegangan pada rangkaian seri nilainya akan berbeda pada masing-masing hambatan jika hambatannya berbeda.

Gambar 2. Hambatan Dirangkai Seri







sory mas.. nggak urut, tak kirain ngerjain semua. tapi aku cuma bisa ngerjain 3 nomer.

Biaunik Niski kumila
1109100005

KurangSangu said...

suwun kabeh.. wis comment

Template by : kendhin x-template.blogspot.com